Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang – Jajar genjang atau sering disebut dengan jajaran genjang merupakan bangun datar yang memiliki sifat dua dimensi serta terbentuk oleh dua pasang rusuk. Dimana masing-masing rusuk tersebut sama panjang serta sejajar dengan pasangannya.

Namun jika rusuk-rusuk jajar genjang tersebut sama panjang maka akan menjadi bangun datar belah ketupat. Jajar genjang juga memiliki dua sudut berhadapan yang sama besar. Bila anda lihat secara sekilas, jajar genjang juga terlihat mirip dengan trapesium.

Tak heran jika banyak orang yang sering terkecoh antara jajar genjang dan trapesium. Padahal keduanya sangatlah berbeda termasuk dalam hal rumus luasnya. Untuk anda yang ingin belajar rumus luas jajar genjang maka berikut ini akan Jadijuara berikan penjelasan lebih lengkapnya:

Cara Menghitung Rumus luas Jajar Genjang

Sebelum anda belajar rumus luas jajar genjang, sebaiknya perlu anda ketahui terlebih dahulu sifat-sifat dari jajar genjang. Dengan demikian anda akan semakin mudah dalam memahami rumus dalam menghitung luas maupun keliling jajar genjang nantinya. Sifat-sifat jajar genjang tersebut antara lain :

  1. Mempunyai dua rusuk yang sama panjang. Dimana rusuk yang berhadapan atau sejajar adalah sama panjang.
  2. Mempunyai 2 sudut lancip
  3. Mempunyai 2 sudut tumpul
  4. Masing-masing sudut yang berhadapan adalah sama besar.
  5. Diagonal jajar genjang membagi bagian jajar genjang menjadi sama besar.
Rumus luas jajar genjang
Rumus luas jajar genjang

Perlu anda ketahui bahwa jajar genjang memiliki hubungan dengan persegi panjang. Misalnya saja anda memotong bagian tinggi jajar genjang lalu potongan tersebut anda letakkan di sebelah jajar genjang.

Maka hasil tempelan potongan dengan jajar genjang tersebut akan menjadi sebuah persegi panjang. Dengan demikian rumus jajar genjang dan keliling jajar genjang hampir sama dengan rumus luas dan keliling persegi panjang.

Namun untuk jajar genjang ini memiliki alas serta ukuran lebar yang menjadi tinggi jajar genjang tersebut. Rumus luas jajar genjang sebetulnya cukup mudah sebab untuk menghitung luasnya anda hanya perlu menghitung alas dan tinggi jajar genjang. Dengan demikian bila diterapkan dalam rumus maka bisa dinyatakan dengan :

Luas jajar genjang = alas x tinggi

Kalau dari contoh gambar di atas, maka alasnya adalah sis AB dan tingginya bagian garis pupus-putus.

Contoh Soal Menghitung Luas Jajar Genjang

Soal 1

Sebuah jajar genjang mempunyai panjang alas 20cm dan tingginya 8cm. Hitunglah luas jajar genjang tersebut !

Jawab :
alas = 10cm

Tinggi = 8cm

Luas jajar genjang = alas x tinggi

Luas jajar genjang = 20 x 8

= 160 cm2

Jadi luas jajar genjang tersebut adalah 160 cm2.

Soal 2

Pak Doni mempunyai sebidang tanah berbentuk jajar genjang dengan panjang alasnya 12 meter dan tingginya 4 meter. Berapakah luas tanah pak doni tersebut ?

Jawab :

alas = 12 cm

Tinggi = 4 cm

Luas jajar genjang = alas x tinggi

Luas jajar genjang = 12 x 4

= 48 m2

Jadi luas tanah pak Doni adalah 48 m2 .

Soal 3

Sebuah jajar genjang memiliki luas sebesar 54 cm2 dan tingginya 6cm. Tentukan panjang alas jajar genjang tersebut !

Jawab :

L = 54 cm2

t  = 6cm

L = alas x tinggi

54 = alas x 6

Alas = 54/6

= 9cm

Jadi panjang alas jajar genjang tersebut adalah 9cm.

****

Demikianlah penjelasan mengenai belajar menghitung rumus luas jajar genjang yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa lebih mudah dalam memahami jajar genjang beserta cara menghitung luasnya. Terlebih rumus untuk menghitung luas jajar genjang tersebut hampir sama dengan luas persegi panjang sehingga lebih mudah dipahami.

Artikel terkait: Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *