Cara Menghitung Rumus Luas Trapesium yang Benar!

Rumus Luas Trapesium – Trapesium merupakan bangun datar segiempat selain persegi panjang dan persegi. Selain itu trapesium juga memiliki sepasang rusuk yang sejajar dan berhadapan meskipun panjangnya tidaklah sama. Misalnya saja pada sebuah trapesium ABCD maka garis yang sejajar adalah AB//CD.

Sehingga garis sejajar yang terpanjang dari trapesium tersebut disebut sebagai alas trapesium. Sedangkan untuk garis lainnya yaitu BC dan AD disebut sebagai kaki trapesium. Dalam menghitung rumus luas trapesium akan menggunakan panjang dari dua sisi sejajar tersebut.

Kali ini JadiJuara akan mengajak adik-adik semua untuk ngobrolin masalah trapesium nih. Pelajaran mengenai bangun datar ini masuk dalam pelajaran Matematika SMP.

Jenis Trapesium

Sebelum anda mengetahui rumus luas trapesium, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis trapesium. Dimana trapesium ternyata memiliki 3 jenis yaitu :

  1. Trapesium Siku-siku

    Jenis trapesium yang satu ini merupakan trapesium yang mempunyai dua sudut membentuk sudut siku-siku atau 90̊. Sehingga dua garis yang sejajar dan berhadapan menjadi saling tegak lurus. Sedangkan untuk garis kaki trapesium tersebut disebut sebagai tinggi trapesium. Dengan bentuknya yang tidak simetris maka trapesium siku-siku tidak mempunyai simetri lipat dan hanya mempunyai satu simetri putar saja.

  2. Trapesium Sama Kaki

    Jenis trapesium yang satu ini tak hanya memiliki dua garis yang sejajar tetapi juga memiliki sepasang rusuk yang sama panjang atau kaki trapesium yang panjangnya sama. Dengan begitu menjadikan trapesium sama kaki ini bisa dilipat menjadi dua bagian sama besar atau memiliki 1 simetri lipat. Sedangkan untuk simetri putarnya hanya memiliki 1 simetri putar seperti jenis trapesium lainnya.

  3. Trapesium Sembarang

    Sesuai dengan namanya, trapesium sembarang merupakan bangun datar berbentuk segi empat yang dibentuk oleh garis yang tak beraturan. Dimana untuk sisi yang sepasang dan sejajar memiliki panjang yang berbeda tetapi tidak tegak lurus. Sedangkan garis kaki trapesium memiliki ukuran panjang yang berbeda. Karena bentuknya yang tidak beraturan inilah maka bangun trapesium sembarang tidak mempunyai simetri lipat tetapi hanya mempunyai 1 simeteri putar saja.

Jenis-jenis Trapesium
Ilustrasi: Jenis-jenis Trapesium

Sifat-sifat Trapesium

Trapesium memiliki sifat yang berlaku untuk semua jenis trapesium. Mungkin sebagian dari anda masih belum memahami sifat dari trapesium pada umumnya. Nah berikut ini akan dijelaskan sifat-sifat trapesium yang perlu anda ketahui.

  1. Mempunyai satu pasang sisi yang sejajar dan sisi yang terpanjang disebut sebagai alas trapesium.
  2. Jumlah dua sudut yang saling berdekatan atau sudut sepihaknya berjumlah 180̊.
  3. Jumlah semua sudut trapesium atau keempat sudutnya adalah 360̊.
  4. Mempunyai 1 simetri putar

Rumus Luas Trapesium

Setelah memahami jenis dan sifat trapesium, selanjutnya anda bisa mengetahui rumus luas trapesium yang diperoleh dari perumpamaan bangun datar trapesium dan jajar genjang. Sebab dua buah trapesium yang kongruen serta memiliki tinggi yang sama, jika digabungkan akan membentuk sebuah jajar genjang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa luas trapesium adalah setengah dari luas jajar genjang.

Sehingga rumus luas trapesium tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut :

Luas trapesium = ½ (jumlah sisi sejajar) x tinggi

Rumus Luas Trapesium
Rumus Luas Trapesium

Contoh Soal Menghitung Luas Trapesium

1. Sebuah trapesium mempunyai panjang sisi sejajar secara berturut-turut yaitu 5cm dan 9cm. sedangkan tinggi trapesium adalah 6cm. berapakah luas trapesium tersebut ?

Jawab :

Luas trapesium = ½ (jumlah sisi sejajar) x tinggi

Luas trapesium = ½ (5+9) x 6
= ½ x 14x 6 = 42 cm2

Jadi luas trapesium tersebut adalah 42 cm.

2. Sebuah trapesium diketahui mempunyai panjang sisi-sisi sejajar masing-masing adalah 8 cm dan 20 cm dan ukuran tingginya 12 cm. Hitunglah berapa luas bangun trapesium ini ?

Penyelesaian:
Luas = ½ x ( Jumlah sisi sejajar ) x t
Luas = ½ x (8 cm + 20 cm) x 12 cm
Luas = ½ x 28 x 12
Luas = ½ x 336 cm
Luas = 168 cm2

3. Sebuah Trapesium memiliki suatu panjang sisi – Sisi yg sejajar 5 cm dan 20 cm serta mempunyai tinggi 5 cm. Maka carilah Luas Trapesium tersebut ?

Jawab

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi

Luas = ½ x (a1 + a2) x t

Luas = ½ x (5 cm + 20 cm) x 5 cm

Luas = ½ x 100 x 5

Luas = 250 cm

Itulah penjelasan mengenai cara menghitung rumus luas trapesium yang bisa menambah wawasan anda. Rumus luas trapesium tersebut berlaku untuk semua jenis trapesium sehingga anda hanya perlu memastikan tinggi dan sisi sejajar pada trapesium tersebut sehingga dapat memudahkan dalam menghitung luasnya.

Bagaimana? pelajaran matematika yang satu ini cukup mudah bukan? Matematika memang mudah kok, hehehe. Jangan lewatkan juga: Belajar Rumus Segitiga Plus Contoh Soalnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *