Rumus Volume Tabung, Contoh Soal dan Jawabannya!

Rumus Volume Tabung – Tabung merupakan salah satu bangun ruang yang mungkin sudah tidak asing lagi dalam dunia Matematika. Tabung sendiri adalah bangun 3 dimensi beraturan yang bentuknya menyerupai tabung lingkaran serta memiliki ketinggian tertentu.

Berbicara mengenai tabung, akan berkaitan dengan rumus volume tabung yang melibatkan radius, diameter dan tinggi tabung. Dimana ukuran sebuah tabung tidak dilihat dari besaran diameter maupun tingginya. Sebab diameter sebuah tabung bisa lebih besar daripada tingginya begitu juga sebaliknya.

Sebuah tabung mempunyai tutup dan alas yang bentuknya lingkaran yang sama untuk kedua tutupnya. Selain itu, tabung juga mempunyai selimut berbentuk persegi panjang. Untuk lebih jelasnya ciri-ciri tabung adalah :

  1. Memiliki dua rusuk, terdapat alas dan tutup yang bentuknya berupa lingkaran sama besar
  2. Terdapat tiga buah sisi yaitu dua sisi berbentuk lingkaran dan satu sisi berupa persegi panjang.

Bagi Anda yang ingin mencari tahu bagaimana cara menghitung volume tabung yang benar maka bisa dengan menggunakan rumus volume tabung. Tetapi untuk menggunakan rumus tersebut, terlebih dahulu anda harus mengetahui besar radius atau diameter dan tinggi volume tabung. Dimana besar radius atau jari-jari lingkaran = ½ diameter. Pada dasarnya untuk menghitung volume tabung yaitu dengan menggunakan rumus Luas alas x tinggi.

Rumus Volume Tabung

Sehingga untuk menghitung volume tabung tersebut harus diketahui terlebih dahulu luas alasnya. Karena alas tabung berupa lingkaran maka rumus menghitung luas alasannya yaitu = π x r2. Sehingga jika digabungkan maka rumus volume tabung yaitu :

V = π x r² x t

atau

Volume = phi x radius x radius x tinggi

Atau

Volume = phi x r2x t

Nilai phi pada rumus tersebut adalah phi = 22/7 atau 3,14. Pada dasarnya rumus volume tabung ini merupakan luas lingkaran penampang tabung dikali tinggi tabung. Pada rumus phi x r x r merupakan rumus luas lingkaran penampang tabung.

Rumus Volume Tabung
Ilustrasi: Rumus Volume Tabung

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menghitung volume tabung dengan menggunakan rumus di atas, dimensi radius atau diameter serta tingginya harus berada pada satuan yang sama. Dalam menyatakan satuan volume tabung biasanya menggunakan satuan panjang kubik. Misalnya milimeter kubik ditulis menjadi mm3, meter kubik ditulis m3 dan lain sebagainya.

Artikel terkait: Cara Menghitung Rumus Luas Trapesium yang Benar!

Contoh Soal Volume Tabung

1. Berapakah volume sebuah tabung yang mempunyai diameter 20cm serta tingginya 28 cm? jika diketahui phi = 22/7

Jawab :

Radius tabung adalah setengah dari diameter tabung yaitu 10cm.

Volume tabung = phi x radiusxradiusx tinggi

Volume tabung = 22/7 x 10×10 x28 = 8.800cm2

2. Sepotong kayu yang memiliki bentuk tabung mempunyai luas 240cm Dimana silinder kayu tersebut memiliki tinggi 50cm. Berapakah volume tabung kayu tersebut? (Petunjuk volume silinder = luas penampang lingkaran x tinggi)

Jawab :

Volume silinder kayu = 240 cm2 x 50cm= 12.000 cm2

3. Sebongkah es batu dicetak dengan bentuk tabung dengan ukuran radius atau jari-jarinya 35 cm dan tingginya 35 cm. Berapakah volume tabung es tersebut ?

Jawab :

Volume tabung = phi x radius x radius x tinggi

Volume tabung = 22/7 x 35×35 x35 = 134.750 cm2

4. Hitunglah volume tabung yang mempunyai diameter 40cm serta tinggi 56cm ?

Jawab :

Diameter = 40 cm, sehingga r = ½ diameter = 20cm

Tinggi = 56cm

Volume tabung = π x r² x t

= 22/7 x 20x20x 56

=  22/7 x 22.400 = 70.400 cm3

Itulah penjelasan mengenai rumus volume tabung yang bisa menambah wawasan Anda. Dalam menggunakan rumus tersebut, pastikan anda memahami penggunaan antara radius dan diameter sebab apabila anda belum memahaminya bisa membuat perhitungan volume tabung menjadi kurang tepat.

Jangan lewatkan juga: Yuk Belajar Rumus Trigonometri Matematika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *