14 Contoh Paragraf Induktif Beserta Jenisnya

Contoh Paragraf Induktif – Dalam tata bahasa Indonesia, terdapat beberapa jenis paragraf yang satu diantaranya adalah paragraf induktif. Struktur dari paragraf ini dibuka dengan dengan (beberapa) kalimat penjelas dan ditutup oleh kalimat utama sebagai muara dari kalimat penjelas tadi.

Sementara kalimat penjelas sendiri bisa berisi fakta, rincian, atau pun contoh kalimat utamanya. Dalam penulisannya, paragraf induktif memiliki beberapa ciri diantaranya;

  • Dimulai oleh penjelasan atau detail yang sifatnya khusus;
  • Detail tersebut lantas diarahkan pada kalimat utama yang berada di penghujung paragraf;
  • Detail ini bisa berupa pernyataan khusus yang merujuk ke kalimat utamanya, berisi fakta untuk disimpulkan kalimat utama, membandingkan 2 hal yang akhirnya memiliki
Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif

Selain itu, paragraf induktif juga dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni;

Generalisasi

Paragraf induktif yang diawali oleh (beberapa) pernyataan khusus yang kemudian ditutup dengan kalimat utama.

Analogi

Paragraf induktif yang dibuka oleh perbandingan hal-hal yang memiliki kesamaan. Kesamaan ini lalu disimpulkan sekaligus menjadi kalimat utama pada akhir paragrafnya.

Sebab akibat

Paragraf induktif yang dibuka dari pernyataan sebab akibat atas fakta yang ada dalam paragraf itu. Paragraf ini memiliki 3 pola, diantaranya sebab – akibat, akibat – sebab dan sebab – akibat1 – akibat2.

Contoh Paragraf Induktif

Berikut ini Jadi Juara bagikan beberapa contoh dari paragraf induktif dalam bahasa Indonesia yang bisa Anda pelajari.

Contoh Paragraf Induktif 1

Petroleum, Sodium Lauryl Sulfate serta bahan kimia sintetis lain merupakan sejumlah bahan kimia yang ada dalam sabun mandi. Bahan-bahan kimia ini dapat memicu pencemaran lingkungan, utamanya polusi air. Limbah sabun dalam air dapat merusak bahkan membunuh ekosistem di perairan. Maka dari itu, hendaknya kita menekan penggunaan sabun mandi yang berbahan kimia. Sabun mandi dengan bahan yang lebih ramah lingkungan dapat digunakan guna menggantikan sabun mandi bahan kimia. Sekaranglah saatnya kita menekan konsumsi sabun kimia dan beralih ke sabun yang berbahan ramah lingkungan.

Kalimat cetak miring pada paragraf di atas adalah kalimat utama dalam paragraf induktif ini. Sementara sejumlah kalimat lainnya hanyalah penjelas untuk kalimat utama itu. Kalimat utama ini menjadi kesimpulan dalam paragraf. Contoh paragraf 1 ini adalah paragraf induktif sebab-akibat yang menggunakan pola sebab – akibat1 – akibat2.

Contoh Paragraf Induktif 2

Tas dan bunga plastik merupakan contoh kerajinan tangan yang dapat dibuat menggunakan plastik untuk bahan utama. Plastik juga dapat dirubah menjadi bermacam kerajinan tangan lain, misalnya hiasan lampu, pot, sandal, payung ataupun wadah permen. Limbah plastik yang tak mudah diurai nyatanya dapat diolah menjadi bermacam kerajinan tangan.

Kalimat penghujung dalam contoh paragraf 2 di atas adalah kalimat utama yang juga menjadi simpulan pada paragraf induktif tersebut. Paragraf ini berupa paragraf induktif generalisasi.

Contoh Paragraf Induktif 3

Manusia pasti akan merasa tak nyaman bila rumah yang ia tinggali rusak. Manusia pun pasti marah dan merasa terancam bila rumahnya dialihfungsikan menjadi sesuatu yang tak seharusnya. Begitu pula dengan hewan. Orang Utan salah satunya. Satwa yang nyaris punah ini pasti merasa terancam dan tak nyaman lagi bila hutan, rumah mereka menjadi rusak dan dirubah menjadi sesuatu yang tak semestinya. Mempertahankan ekosistem lingkungan adalah kewajiban kita semua. Karena, ekosistem adalah rumah untuk segala makhluk hidup, termasuk di dalamnya, manusia.

Contoh Paragraf Induktif 4

Berbagai program dan juga komunitas pengembangan kewirausahaan untuk pelajar dan mahasiswa sekarang ini memang sudah merebak dimana-mana. Bahkan kemajuan teknologi juga memungkinkan kita menyerap ilmu serta pengetahuan bisnis dengan sangat mudah. Bahkan ada selentingan juga seandainya kita mempunyai rencana bisnis yang sangat keren, maka kita dapat dengan mudah memperoleh modal untuk memulai sebuah bisnis. Dan antusiasme untuk menjadi pengusaha semenjak duduk di bangku kuliah pun juga sudah meningkat dengan pesat.

Contoh Paragraf Induktif 5

Suara ombak yang ada di pantai memang terdengar sampai ke telinga. Beberapa pedagang oleh-oleh dan juga makanan berjejer rapi di sepanjang jalan. Dan tampak wajah-wajah dari berbagai macam negara sangat terasa akrab di mata. Begitulah suasana liburan yang ada di Pulau Bali sekarang ini.

Contoh Paragraf Induktif 6

Keberhasilan penjualan ice cream Magnum adalah salah satu contoh momentum yang sangat baik dalam pengembangan suatu bisnis. Momentum ini juga telah banyak dimanfaatkan ice cream Magnum dengan cara membangun Magnum Cafe. Terbukti, tidak sedikit orang yang rela antri untuk dapat mencicipi lezatnya ice cream di Magnum Cafe. Sekali lagi keberuntungan tetap berpihak pada orang yang pandai memanfaatkan momen.

Contoh Paragraf Induktif 7

Tidak sedikit dari kita yang menanamkan satu pemikiran dalam hati. Buat apa memikirkan uang, sebab rezeki sudah ada yang mengatur. Bekerja hanya demi uang terkadang disandingkan dengan pemikiran yang negatif seolah manusia rakus maupun hanya memikirkan materi saja. Padahal dengan pemikiran yang jauh lebih bijaksana, kita dapat melihat bahwa bekerja untuk memperoleh uang yang cukup untuk kehidupan akan menjadikan hidup kita menjadi lebih berkualitas. Uang memang dicari hanya untuk lebih menyempurnakan sisi-sisi lain yang dapat kita raih semasa hidup.

Contoh Paragraf Induktif 8

Masihkah anda berpikir untuk bertukar blogroll, memasang iklan baris maupun membeli spot banner di blog lain? Untuk beberapa blogger, iklan seperti itu memang dengan mudah untuk diabaikan. Sebab dilihat sebelah mata ataupun tidak. Memasan iklan baris maupun banner mungkin bisa mendatangkan trafik yang sangat besar ke blog anda, akan tetapi sebagian besar hanyalah kesasar dan dengan segera meninggalkan blog tanpa kembali lagi. Lain halnya dengan guest post, yang isinya tentang informasi yang di perlukan oleh blogger yang membaca blog tersebut, pastinya mereka akan sangat memperhatikan apa yang di tulis. Maka dari itu siapkanlah blog anda dengan konten yang sama baik kualitasnya dengan tulisan guest post, maka dengan sangat mudah anda akan memperoleh link-link selanjutnya untuk menuju blog anda.

Contoh Paragraf Induktif 9

Kadang hidup memang terasa penuh tantangan dan juga tugas yang harus dijalankan dan diselesaikan. Bahkan sering juga hidup ini begitu melelahkan, waktu sangat terasa begitu sempit, dari hari ke hari seolah-olah memang tidak cukup. Setiap saat di tuntut harus belajar, mempersiapkan diri untuk masa mendatang. Mempersiapkan tugas lama yang menunggu serta menyelesaikan tugas baru yang sudah dimulai. Dan seluruh kegiatan hidup manusia ini memang sangat melelahkan.

Contoh Paragraf Induktif 10

Tidak sedikit sekali orang yang merasa tidak mau kalah dengan argumen orang lain, mereka hanyalah menganggap bahwa argumennyalah yang di rasa paling benar. Akan tetapi, ternyata banyak sekali kerugian yang ditimbulkan dari suatuu perdebatan di antara dua orang. Selain nantinya mereka ini akan dinilai buruk oleh lawan bicara mereka pastinya juga tidak akan mendapat respek dari lawan bicaranya. Maka dari itu, hindari sesuatu yang menimbulkan perdebatan yang tiada guna meski anda merasa kurang puas dengan apa yang tengah anda bicarakan.

Contoh Paragraf Induktif 11

Penampilannya yag sangat unik, dalam 1 daun ada dua warna maupun lebih. Kelangkaannya ini lantas menjadikan ia diburu oleh para kolektor. Harganya juga menyamai karya seni, selanjutnya meroket hingga ratusan kali lipat. Hanya satu yang diinginkan para kolektor yakni keeksklusifannya. Itulah taman variegate.

Contoh Paragraf Induktif 12

Demam tinggi atau panas selama beberapa hari memang bisa dicuriai sebagai demam berdarah. Pasalnya seseorang yang menderita penyakit demam berdarah juga kerap mengalami pendarahan dari lubang hidung maupun mimisan. Bahkan selain itu, juga muncul bintik-bintik merah yang ada di dalam tubuh. Memang demam berdarah dapat di tandai dengan beragam gejala yang selayaknya segera memperoleh penanganan medis.

Contoh Paragraf Induktif 13

Karya sastra adalah hasil olahan imajinasi oleh para pengarangnya. Pengarang memang harus membebaskan imajinasinya supaya hasil karyanya ini berkualitas. Tanpa daya imajinasi, maka mustahil bila seorang pengarang berhasil menciptakan suatu karya sastra yang bernilai tinggi. Maka dari itu, imajinasi adalah aspek yang sangat penting dalam proses penciptaan suatu karya sastra.

Contoh Paragraf Induktif 14

Kini banyak sekali pengembangan-pengembangan kewirausahaan sejak dini, mulai dari kalangan pelajar hingga kalangan mahasiswa. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sehingga mempermudahkan kita untuk melakukan bisnis dengan mudah.

Banyak sekali para pemuda merencanakan bisnis yang keren, sehingga ketika ada modal langsung mengeksekusinya. Kini antusiasme pemuda terutama mahasiswa untuk menjadi pengusaha pun meningkat pesat.

Paragraf ini menerapkan pola paragraf induktif analogi yang cirinya dapat dilihat pada perumpamaan yang dituliskan pada awal-awal paragraf yang kemudian disimpulkan pada akhir paragraf.

Demikianlah beberapa contoh paragraf induktif yang bisa kami bagikan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat untuk adik-adik sekalian. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya.

Simak juga: Bentuk dan Contoh Kalimat Imperatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *