Pengertian Analisis, Tujuan, Fungsi dan Contoh

Pengertian Analisis – Mungkin diantara Anda sudah tidak asing dengan istilah analisis dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam fenomena baik yang berhubungan dengan hal akademis maupun kejadian sehari-hari tak jarang memicu analisis untuk diketahui lebih lanjut sehingga lebih mudah dipahami atau untuk dicarikan solusinya. Sebenarnya apa pengertian analisis? Dan apa saja macam dan contohnya?

Ilustrasi Pengertian Analisis
Ilustrasi Pengertian Analisis

Pengertian Analisis

Analisis bisa diterjemahkan sebagai suatu aktivitas yang terdiri atas beberapa kegiatan terstruktur seperti mengurai, membedakan, memilah objek guna dikelompokkan kembali berdasar kriteria tertentu yang lalu dicari kaitannya sehingga dapat ditafsirkan maknanya terkait suatu kejadian.

Pengertian analisis juga bisa diartikan sebagai suatu usaha mengamati sesuatu dengan lebih mendetail dengan mengurai setiap komponen yang ada maupun menyusun komponen itu guna penelitian lanjutan.

Untuk lebih menyederhanakannya, ada yang mengartikan analisis sebagai memecahkan atau menguraikan suatu informasi maupun materi agar menjadi beberapa komponen yang lebih sederhana atau kecil untuk memudahkan informasi tersebut dimengerti dan dijelaskan.

Nah, kata “analisis”sendiri lazim digunakan di berbagai bidang keilmuan antara lain pengetahuan alam, ilmu sosial, manajemen, ekonomi dan bisnis, ilmu akuntansi, ilmu bahasa dan berbagai bidang keilmuan lain.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli dan Akademisi

Kata “analisis” atau juga sering dikenal sebagai “analisa”datang dari bahasa Yunani Kuno “analusis” yang berarti melepaskan. Sementara kalangan ahli dan akademisi memberikan beberapa pengertian istilah analisis antara lain;

1. Robert J. Schreiter

Robert J. Schreiter menjelaskan pengertian analisis sebagai “membaca” teks yang melokalisasikan berbagai tanda dan menempatkan tanda-tanda tersebut dalam interaksi yang dinamis beserta pesan-pesan yang disampaikan.

2. Minto Rahayu

Menurut Minto Rahayu, arti dari analisis yaitu suatu cara dalam membagi suatu subyek ke dalam komponen-komponen, meliputi melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

3. Efrey Liker

Efrey Liker menyebutkan bahwa pengertian istilah analisis sebagai aktivitas dalam mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.

4. Komaruddin

Menurut Komaruddin, pengertian analisis adalah aktivitas berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen-komponen kecil sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungan masing-masing komponen, dan fungsi setiap komponen dalam satu keseluruhan yang terpadu.

5. Wiradi

Menurut Wiradi, arti analisis adalah aktivitas yang memuat kegiatan memilah mengurai, membedakan sesuatu yang kemudian digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari makna dan kaitannya masing-masing.

6. Dwi Prastowo Darminto

Menurut Dwi Prastowo Darminto, pengertian analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

7. Syahrul

Pengertian analisis dalam akuntansi menurut Syahrul adalah kegiatan melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

8. Rifka Julianty

Menurut Rifka Julianty, pengertian analisis adalah aktivitas penguraian pada pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

9. Mohammad Afdi Nizar

Menurut Mohammad Afdi Nizar, pengertian analisis dalam akuntansi adalah evaluasi mengenai kondisi dari ayat-aya yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinan sebuah perbedaan akan muncul.

10. Husein Umar

Menurut Husein Umar, pengertian analisis adalah suatu proses kerja dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum riset, didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan.

Pengertian Analisis Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sementara pengertian istilah analisis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu;

  • penyelidikan atas suatu peristiwa (karangan, perbuatan dan lainnya) guna mengetahui keadaan yang sesungguhnya (meliputi sebab musabab, duduk perkara dan lain sebagainya).
  • Aktivitas menguraikan suatu pokok berdasarkan bagian-bagiannya serta penelaahan masing-masing bagian itu sendiri beserta hubungan antar bagian tersebut dengan tujuan mendapatkan pengertian yang tepat serta pemahaman akan arti secara keseluruhan
  • Pemecahan masalah yang dimulai dari dugaan atas kebenarannya
  • Penjabaran setelah dikaji semaksimal mungkin

Antara Analisis dan Analisa, Mana yang Benar?

Pernahkah Anda membaca suatu artikel yang menyebut aktivitas analisis dengan analisa? Tidak ada yang salah dalam penyebutan ini, meskipun dalam KBBI sendiri, kata analisis dianggap sebagai kata yang baku.

Penggunaan kata analisa yang sudah digunakan sejak lama dan sudah diterima oleh pengguna bahasa, menjadikannya dianggap sebagai kata yang benar.

Turunan Kata Analisis

Dalam penerapannya, kata analisis sendiri kemudian mengalami derivasi yang menghasilkan beberapa kata turunan. Masing-masing turunan kata ini memiliki arti berbeda maka dari itu, penggunaannya pun juga tidak bisa secara asal. Beberapa turunan kata ini antara lain;

  • menganalisis; proses melakukan suatu analisis.
  • penganalisis; orang yang mengerjakan analisis.
  • penganalisisan; proses, metode, hal dan cara mengerjakan analisis.

Penggunaan Istilah Analisis

Analisis SWOT
Analisis SWOT

Di atas telah dijelaskan bahwa analisis juga digunakan pada berbagai macam bidang keilmuan untuk mengenali suatu masalah ataupun materi terkait bidang yang dibahas agar lebih mudah untuk dipahami dan dijelaskan. Beberapa contoh aplikasi istilah analisis ini antara lain dapat dilihat pada bidang;

1. Bidang Bisnis

  • Analisis SWOT; yaitu metode analisis untuk mengevaluasi terkait kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity ), ancaman (threats) hingga membuat spekulasi bisnis
  • Analisis Pasar; yaitu analisis atas potensi, lokasi, sifat serta ciri-ciri pasar
  • Analisis Jabatan; yaitu evaluasi atas kemampuan dan kepribadian seseorang sehubungan dengan pekerjaan yang merupakan tanggung jawabnya

2. Bidang Bahasa

  • Analisis Wacana; yaitu menguraikan wacana berdasarkan bagian-bagiannya
  • Analisis Bahasa; yaitu telaah oleh pakar bahasa guna mengkaji data kebahasaan yang didapat dari hasil penelitian lapangan atupun penelitian kepustakaan
  • Analisis Deduktif; yaitu penelitian atas kebenaran pernyataan dengan menunjukkan bahwa pernyataan tersebut sudah tercakup dalam pernyataan lain yang sudah ditetapkan kebenarannya

3. Bidang Ilmu Kimia

  • Analisis Ayak; yaitu pemilahan zat padat berdasar ukuran dengan menggunakan alat pengayak
  • Analisis Endapan; yaitu pemisahan partikel berdasar pada tingkat pengendapan di dalam cairan

4. Bidang Kesehatan

  • Analisis Kekebalan; yaitu menguji imunitas tubuh melalui antigen-antibodi
  • Analisis Lambung; yaitu pemeriksaan terhadap isi lambung organisme guna mengetahui pola makan organisme tersebut

Berbagai macam karya ilmiah akan selalu disertai berbagai macam analisis yang dijelaskan setiap penulisnya. Penjabaran dari analisis ini tentunya harus logis dan obyektif untuk menjamin akurasi dari karya ilmiah yang telah disusun.

Jenis Analisis

Berdasarkan metode yang digunakan, ada beberapa jenis analisis yang lazim digunakan saat ini. beberapa jenis analisis yang umum diterapkan antara lain

  • Analisis Logika; yaitu analisis yang mendasarkan metodenya pada prinsip tertentu dan didasarkan pada logika serta pemilahan yang jelas diantara satu bagian dengan bagian lain.
  • Analisis Realis; yaitu analisis dimana metode yang digunakan dalam melakukan proses analisis menggunakan urutan benda tertentu sebagai dasar pemikiran. Urutan ini bisa didasarkan pada sebuah kesatuan maupun sifat mendasar tertentu dari benda tersebut.

Fungsi dan Tujuan Analisis

Suatu analisis memiliki fungsi sebagai sarana untuk mendapatkan data yang ada di lingkungan tertentu berdasarkan kriteria spesifik. Analisis sendiri bisa diterapkan pada berbagai macam lingkungan maupun keadaan. Analisis sendiri umumnya dilakukan pada kondisi yang sifatnya kritis dan memerlukan suatu strategi sebab analisis memungkinkan manusia untuk mengetahui kondisi lingkungannya secara lebih mendetail.

Sementara tujuan dari suatu analisis umumnya adalah untuk mengumpulkan data untuk proses penelitian lebih lanjut. Biasanya data tersebut digunakan untuk menyelesaikan suatu krisis maupun sekedar sebagai arsip. Di bidang pendidikan, analisis juga sering digunakan sebagai bagian dari penelitian pada berbagai subjek.

Contoh Analisis

Analisis lebih sering digunakan dalam dunia bisnis yang cenderung bersifat dinamis dan salah satu contoh analisis hubungannya dengan perusahaan yang paling populer adalah analisis SWOT.

SWOT sendiri merupakan kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threats, dimana masing-masing unsur akan diteliti secara terperinci bersama dengan struktur perusahaan.

Untuk melakukan analisa SWOT, manajer akan menerapkan strategi 4 langkah yang meliputi:

  • Strategi SO (Strengths-Opportunities) yaitu strategi yang diterapkan perusahaan dengan cara mengoptimalkan setiap kekuatan yang dimiliki demi memaksimalkan peluang yang ada.
  • Strategi WO (Weaknesses-Opportunities) yaitu strategi yang diterapkan untuk meminimalisir setiap kelemahan yang ada demi mengoptimalkan peluang.
  • Strategi ST (Strengths-Threats) yaitu strategi yang dilaksanakan perusahaan dengan cara mengoptimalkan kekuatan yang ada demi menekan berbagai ancaman yang mungkin muncul.
  • Strategi WT (Weaknesses-Threats) yaitu strategi yang dipakai guna meminimalisir kelemahan yang ada guna menekan munculnya ancaman.

Hasil analisis SWOT tersebut selanjutnya akan digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan meliputi upaya mengatasi krisis internal maupun eksternal perusahaan.

Hasil analisis ini juga bisa saja digunakan sebagai arsip atau sebagai pembanding dari perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu. Hasil analisa ini juga digunakan sebagai salah satu acuan demi meningkatkan kinerja dan pengembangan perusahaan.

****

Demikianlah penjelasan tentang pengertian analisis, tujuan fungsi dan contohnya di berbagai bidang. Dengan memahami analisis lebih detail, Anda dapat melakukan perenungan dengan lebih efektif dan efisien.

Artikel terkait: Pengertian Komunikasi, Elemen, Alur, Proses, Jenis Tingkatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *