Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat

Rumus Belah Ketupat – Bagi seorang pelajar tentu sudah tidak asing dengan bangun datar belah ketupat yang sudah mulai di pelajari di bangku Sekolah Dasar. Namun untuk mengingat kembali tentang belah ketupat maka anda bisa menyimak kembali pengertian belah ketupat.

Dimana belah ketupat merupakan bangun datar yang memiliki dua dimensi dan dibentuk oleh 4 buah rusuk yang sama panjang serta memiliki 2 pasanga sudut. Dimana sudut tersebut bukanlah sudut siku-siku namun sudut yang sama besarnya dengan sudut dihadapannya.

Pada belah ketupat berlaku rumus belah ketupat untuk menghitung luas serta kelilingnya yang sebaiknya perlu anda pahami.

Rumus Belah Ketupat – Luas dan Keliling

Sebelum anda belajar rumus belah ketupat maka sebaiknya pahami terlebih dahulu sifat-sifat dari belah ketupat. Dimana sebuah bangun datar belah ketupat bisa dibuat dari 2 buah bangun segitiga sama kaki identik serta memiliki simetri di bagian alas-alasnya sehingga menjadi bangun datar dalam matematika.

Maka untuk itulah sifat-sifat dari belah ketupat yaitu semua sisi belah ketupat yang sama panjang. Sifat berikutnya yaitu kedua diagonal di dalam bangun datar belah ketupat adalah sumbu simetri. Sifat berikutnya yaitu kedua diagonalnya yang saling membagi 2 sama panjang, berpotongan tegak lurus.

Sedangkan sifat belah ketupat yang terakhir yaitu sudut-sudut yang berhadapan adalah sama besar dan terbagi 2 sama besar oleh diagonal-diagonalnya.

Rumus Belah Ketupat - Luas Dan Keliling
Rumus Belah Ketupat – Luas Dan Keliling

Dari sifat-sifat belah ketupat tersebut maka diperoleh rumus belah ketupat yang terdiri dari dua rumus yaitu rumus luas dan rumus keliling belah ketupat. Untuk lebih jelasnya berikut iniJadijuara bagikan kedua rumus tersebut, yaitu :

Rumus Luas Belah Ketupat

L = ½ x d1 x d2

Keterangan :

L -= luas belah ketupat

d1 = diagonal 1

d2 = diagonal 2

Rumus Keliling Belah Ketupat

K = s + s + s + s atau K= 4xs

Keterangan :

K = keliling

s  = sisi belah ketupat

Artikel terkait: Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya!

Contoh Soal Belah Ketupat

1.] Sebuah belah ketupat memiliki panjang sisi 10cm maka hitunglah keliling belah ketupat tersebut !

Jawab :

s = 10 cm

K = 4 x s
= 4 x 10

= 40 cm.

Jadi keliling belah ketupat tersebut adalah 40cm.

2.] Sebuah bangun datar berbentuk ketupat memiliki diagonal 14cm dan 8 cm. Maha hitunglah luas bangun belah ketupat tersebut !

Jawab :

L = ½  x d1 x d2

L = ½ x 14 x 7

L = 7 x 7

L = 49 cm2.

Jadi luas belah ketupat tersebut adalah 49 cm2.

3.] Bila sebuah bangun datar belah ketupat mempunyai panjang sisi 4a cm. Keliling belah ketupat ini adalah 48cm, berapakah nilai dari 2 pada belah ketupat tersebut ?

Jawab :

Keliling = 4 x s

48          = 4 x 4a

48          = 16a

a             = 48/ 16

a          = 3cm

Jadi nilai a pada bangun datar belah ketupat tersebut adalah 3cm.

4.] Sebuah belah ketupat memiliki luas 48cm, salah satunya diagonalnya memiliki panjang 8cm. Tentukanlah nilai diagonal belah ketupa lainnya !

Jawab :

L = ½ x d1 x d2

48 = ½ x d1 x 8

48 =  4 d1

d1  = 48/ 4

= 12cm

Jadi panjang diagonal lainnya adalah 12cm .

****

Demikianlah penjelasan mengenai rumus belah ketupat untuk menghitung luas dan keliling yang bisa menambah wawasan anda. Bangun belah ketupat biasanya sering muncul dalam soal-soal ujian sehingga sangat penting untuk anda pahami dan pelajari supaya anda bisa memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan belah ketupat tersebut.

Artikel terkait: Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *