Rumus Energi Potensial & Contoh Soalnya!

Rumus Energi Potensial – Dalam belajar Fisika anda akan belajar mengenai energi potensial. Dimana energi potensial merupakan energi yang tersimpan di dalam sebuah benda karena ketinggiannya. Untuk energi potensial ini biasanya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi serta tempat ketinggian benda.

Dengan demikian semakin besar massa dan ketinggian benda maka membuat energi potensialnya juga semakin besar. Namun juga berlaku sebaliknya bila massa dan ketinggian benda semakin kecil maka nilai energi potensialnya juga semakin kecil.

Jika sebuah benda berada di atas tanah maka untuk energi potensialnya bernilai nol. Energi potensial identik dengan letak ketinggian sebuah benda dan untuk perhitungan rumus energi potensial akan menghasilkan satuan yaitu Joule.

Rumus Energi Potensial

Rumus Energi Potensial
Rumus Energi Potensial

Perlu anda ketahui bahwa beragam jenis energi bisa dikelompokkan ke dalam energi potensial. Sebab setiap bentuk energi bisa dihubungkan dengan suatu jenis gaya tertentu yang bisa bekerja karena berhubungan dengan jenis gaya yang bekerja serta sifat fisik benda tersebut.

Untuk itulah sebelum belajar rumus energi potensial perlu anda ketahui  beberapa jenis energi potensial yaitu :

  1. Energi potensial gravitasi yaitu energi potensial yang dihubungan gaya gravitasi yang bekerja pada masa benda.
  2. Energi potensial elastik yaitu energi potensial yang yang bekerja terhadap gaya elastis terhadap elastisitas objek yang mengalami perubahan bentuk.
  3. Energi potensial listrik yaitu energi yang bekerja terhadap muatan elektrik sebuah objek atau benda.
  4. Energi potensial kimia yaitu energi potensial yang terjadi pada sebuah konfiguasi atomik yang bekerja terhadap sturktur atomik sehingga membentuk objek.
  5. Energi potensial termal yaitu energi potensial yang bekerja dengan gaya elektromagnetik dan berhubungan dengan suhu sebuah objek.
  6. Energi potensial elastis yaitu energi potensial dari sebuah benda yang mengalami perubahan bentuk karena adanya tekanan. Bila tekanan tersebut dilepas maka energi tersebut akan berubah menjadi energi kinetik. Misalnya saja terjadi pada anak panah yang dilepaskan dari busurnya.

Dari penjelasan di atas maka untuk rumus energi potensial dalam fisika bisa dinyatakan sebagai berikut :

Ep = m x g x h

Keterangan :

  • Ep = energi potensial (Joule)
  • m  = massa benda (kg)
  • g   = percepatan gravitasi (m/s2)
  • h  = tinggi benda di atas permukaan tanah (meter)

Contoh Soal Tentang Energi Potensial

1.] Sebuah bola mempunyai massa 2 kg, berada di atas lemari yang ketinggiannya 4 m. Tentukan energi potensial bola tersebut jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2 !

Jawab :

m = 2kg

h = 4m

g = 10 m/s2

Ep = m x g x h

Ep = 2 x 10 x 4

Ep = 80 Joule

Jadi energi potensial bola tersebut adalah 80 Joule.

2.] Buah kelapa yang masih menggantung di pohonnya diperkirakan memiliki massa 1,5 kg. Bila ketinggian pohon klepaa tersebut sekitar 12 meter. Berapakah energi potensial buah kelapa tersebut jika diketahui g = 10 m/s2 ?

Jawab :

m = 1,5kg

h  = 12 meter

g  = 10 m/s2

Ep = m x g x h

Ep = 1,5 x 12 x 10

Ep = 180 Joule

Jadi energi potensial buah kelapa tersebut adalah 180 Joule.

***

Itulah tadi penjelasan mengenai rumus energi potensial dan contoh soal-soalnya yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin belajar tentang energi potensial maka pahami penjelasan di atas lalu berlatihlah mengerjakan soal-soal energi potensial lalu selesaikan dengan rumus di atas sehingga anda bisa benar-benar mengerti tentang energi potensial.

Artikel terkait: Rumus Energi Kinetik Plus Contoh Soalnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *