Cara Menghitung Luas dan Keliling Persegi

Rumus Keliling Persegi – Belajar matematika sejak bangku Sekolah Dasar maka sudah dikenalkan dengan berbagai jenis jenis bangun termasuk salah satunya adalah persegi. Dalam matematika juga terdapat rumus persegi termasuk untuk menghitung keliling persegi.

Simak juga yuk: Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Bagi anda yang ingin belajar atau mengingat kembali rumus persegi yang bentuknya berupa kotak sederhana dan sudah banyak dipelajari sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Tentunya supaya anda bisa lebih paham mengenai rumus keliling persegi maka sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu persegi beserta rumusnya akan akan dijelaskan dalam artikel berikut ini.

Pengertian Persegi

Definisi dari sudut empat adalah sektor yang dibentuk oleh empat buah garis di dalam satu sektor yang keempat sudutnya berupa segi siku-siku. Sudut empat tersebut tidak jarang juga dinamakan tengah bersama empat persegi panjang.

Sebuah sudut empat terdiri atas permulaan empat sudut yaitu dua sudut panjang serta dua sudut lebar. Untuk sudut panjang adalah bagian segi empat yang lebih panjang dibandingkan sisi lainnya sehingga disebut dengan persegi panjang.

Namun jika semua sisi tersebut memiliki panjang yang sama maka disebut dengan bujur sangkar atau segi empat atau persegi. Tentunya persegi memiliki empat sisi yang istimewa karena keempat sisi tersebut memiliki panjang yang sama.

Meskipun terlihat sederhaa namun tak jarang banyak orang yang justru salah ketika menghitung atau menggunakan rumus keliling persegi. Banyak orang yang beranggapan bahwa menghitung keliling persegi adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Tetapi pada kenyataannya banyak orang yang salah menghitung akibat dihadapkan pada soal-soal yang rumit.

Sebab ternyata dalam soal tersebut kemungkinan panjang sisi persegi tidak diketahui namun yang diketahui adalah luas persegi. Untuk itulah jika anda ingin menghitung keliling persegi namun yang diketahui adalah luasnya maka yang harus anda lakukan pertama kali yaitu mencari panjang sisi persegi tersebut.

Rumus Keliling Persegi

Rumus Keliling Persegi via RumadiSpd
Rumus Keliling Persegi via RumadiSpd

Secara umum, rumus keliling persegi dalam matematika dinyatakan dengan rumus sebagai beikut K= 4s dengan s adalah panjang sisi persegi. Sedangkan untuk rumus luas persegi yaitu

L = s2

Berdasarkan rumus keliling persegi tersebut maka anda bisa mulai menghitung panjang sisi persegi dengan menggunakan hasil dari luas yang telah diketahui. Untuk panjang sisi persegi dicari dari akar luas persegi tersebut.

Contoh Soal dan Pembahasan

1.] Bila diketahui luas sebuah persegi yaitu 100 cm2, maka tentukan keliling persegi tersebut !

Jawab :

s= √100

s = 10

Keliling = 4 x s

= 4 x 10

= 40 cm

Jadi keliling persegi tersebut adalah 40 cm.

2.] Jika sebuah persegi memiliki panjang sisi 15 cm , maka tentukan keliling persegi tersebut !

Jawab :

Keliling = 4 x s

= 4 x 15

= 60 cm

Jadi keliling persegi tersebut adalah 60 cm.

3.] Sebuah persegi memiliki luas 16 cm2, hitunglah keliling dari persegi tersebut !

s= √16

s = 4

Keliling = 4 x s

= 4 x 4

= 16 cm

Jadi keliling persegi tersebut adalah 16 cm.

***

Itulah tadi penjelasan mengenai mengenal persegi dan rumus keliling persegi yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin mengulang kembali materi tentang persegi maka jangan sampai ketinggalan untuk mempelajari kembali rumus dari keliling persegi.

Meskipun mudah dihafalkan namun jika anda kurang memahami cara menggunakannya maka bisa jadi ketika bertemu dengan soal yang rumit maka anda akan sulit untuk memecahkan soal tersebut.

Simakjuga yuk:  Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *