Rumus Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soalnya

Rumus Keliling Persegi Panjang – Persegi panjang merupakan bangun datar yang memiliki 4 sisi yang masing-masing sisi sejajar tersebut mempunyai ukuran panjang yang sama. Selain itu, persegi panjang memiliki empat sudut yang besarnya sama yaitu 90̊ dan saling tegak lurus.

Misalnya saja pada sebuah persegi panjang ABCD dimana sisi AB dan CD merupakan sisi panjang. Sedangkan AD dan BC merupakan sisi lebar. Dengan demikian untuk menghitung keliling persegi panjang ABCD tersebut maka bisa dilakukan dengan menjumlahkan seluruh panjang sisi pada persegi panjang tersebut.

Rumus Keliling Persegi Panjang
Rumus Keliling Persegi Panjang

Sehingga rumus keliling persegi panjang dihitung dengan menjumlahkan seluruh sisi persegi panjang yang meliputi panjang dan lebarnya.

Rumus Keliling Persegi Panjang

Berdasarkan penjelasan mengenai persegi panjang ABCD tersebut maka dapat diambil kesimpulan rumus keliling persegi panjang bisa dinyatakan sebagai berikut :

K = p + l + p +l atau  K= 2 x p +2 x l = 2 x (p+l)

Rumus Persegi Panjang
Rumus Persegi Panjang

Dari ketiga rumus tersebut, anda bisa menggunakan salah satu yang menurut anda paling mudah untuk digunakan menghitung keliling persegi panjang.

Tentu dari ketiga rumus tersebut hasilnya juga akan sama saja antara satu dengan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan 3 cara menghitung rumus keliling persegi panjang yang perlu anda ketahui.

Jangan lewatkan juga: Rumus Volume Tabung, Contoh Soal dan Jawabannya!

Dengan Menjumlahkan Semua Sisinya

Dalam menghitung keliling persegi panjang sebetulnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menjumlahkan total dari seluruh sisi yang dimiliki oleh persegi panjang tersebut. Dengan demikian jika keliling persegi panjang bisa dibuat dalam persamaan rumus sebagai berikut :

K = p + l + p + l atau K= 2 x (p+l)

K = Keliling
p = panjang
l = lebar

Untuk menggunakan rumus tersebut anda terlebih dahulu harus mengetahui panjang dan lebar persegi panjang. Dengan sifat persegi panjang yang kongruen maka menghitung keliling bisa dilakukan dengan mengalikan 2 dengan penjumlahan panjang dan lebarnya.

Contoh Soal : Sebuah persegi panjang memiliki panjang 15 cm serta lebar 10 cm. Berapakah keliling persegi panjang tersebut ?
K= p + l + p + l = 15 + 10 + 15 + 10 = 50 cm atau K= 2 x (p+l)= 2 x (15 +10)= 2 x 25 = 50 cm.

Dengan Memanfaatkan Luas dan Salah Satu Sisinya

Jika anda akan menghitung keliling persegi panjang tetapi luas persegi panjang tersebut sudah diketahui dan salah satu sisinya yaitu panjang atau lebar juga telah diketahui maka anda bisa menghitung kelilingnya. Tetapi langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari terlebih dahulu salah satu sisi lain yang belum diketahui.

Misalnya saja sebuah persegi panjang memiliki luas 12 cm dan panjang 3 cm, maka berapakah keliling persegi panjang tersebut ?
Penyelesaian: L = p x l
l = L/p
l = 12/3 = 4cm

Keliling = 2 x ( p+l)= 2 x (3+4) = 2×7 = 14cm.

Menghitung Dua Persegi panjang yang Digabungkan

Jika anda menggabungkan dua persegi panjang maka akan membentuk bangun datar yang baru. Untuk menghitung keliling persegi panjang gabungan tersebut anda tetap bisa dengan menjumlahkan sisi-sisinya. Sehingga rumus keliling persegi panjang tersebut bisa dinyatakan menjadi : K = p1+ l1 + p2 + l2

Rumus ini bisa anda gunakan untuk  gabungan persegi panjang yang jumlahnya 2, 3, 4 dan seterusnya. Sehingga rumus keliling tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah persegi panjang yang digabungkan.

Contoh Soal Rumus Keliling Persegi Panjang

Untuk lebih memahami mengenai rumus keliling persegi panjang ini, silahkan adik-adik perhatikan beberapa contoh soal cara menghitung persegi panjang berikut ini:

1. Persegi panjang dengan panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Hitunglah keliling bangun tersebut!

Keliling = 2 x (panjang + lebar)
K = 2 x (12 + 8) = 2 x 20 = 40 cm

2. Keliling suatu persegi panjang adalah 60 cm. Jika panjangnya 16, berapakah lebar persegi panjang tersebut?

K = 2 x (p + l)
60 = 2 x (16 + l)
60/2 = 16 + l
30 = 16 + l
30 – 16 = l
14 = l
l = 14 cm

3. Kebun Pak Narto berbentuk persegi panjang dengan panjang 23 m dan lebar 16 m. Hitunglah keliling kebun Pak Joni!

K = 2 x (23 + 16) = 2 x 39 = 78 cm

Demikian pembahasan tentang keliling dan luas persegi panjang.

****

Itulah penjelasan mengenai cara menghitung rumus keliling persegi panjang yang ternyata cukup mudah. Pastikan semua sisi dari persegi panjang tersebut telah diketahui tetapi jika belum diketahui sisinya maka anda bisa mencarinya terlebih dahulu seperti penjelasan pada poin ke-2 di atas.

Jangan lewatkan juga: Belajar Rumus Segitiga Plus Contoh Soalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *