Rumus Lingkaran – Cara Menghitung Luas, Diameter & Keliling

Rumus Lingkaran – Halo, apakah kamu sudah siap belajar hari ini? Kali ini kita akan membahas materi tentang Lingkaran. Sebelumnya, apakah kamu sudah mengetahui apa itu lingkaran? agar lebih mudah memahami rumus lingkaran, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu lingkaran.

Lingkaran adalah sebuah bangun datar berbentuk bundar atau seperti bola jika dilihat dari satu sisi yang tegak lurus. Tapi sebelumnya apakah kamu sudah tahu bahwa dibalik bentuk Lingkaran yang bundar tersebut terdapat berbagai hal yang sering kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari? dengan mempelajarinya lebih dalam, kita kan bisa mengetahui apa itu luas dan keliling lingkaran.

Pengertian lingkaran dalam kajian Geometri Euklid adalah Bangun Datar yang terdiri dari bentuk himpunan semua titik pd bidangnya dalam hal ini titik tersebut bisa kita namakan sebagai Jari – Jari.

Pada titik tersebut juga terdapat Pusat Lingkaran atau Kurva tertutup yang dapat membagi bidang menjadi bagian dlm dan bagian luar. Sementara itu, untuk elemen-elemen umum yang bisa dikenal dalam lingkaran yaitu:

  • Jari – Jari (R),
  • Tali Busur (TB),
  • Busur (B),
  • Keliling Lingkaran (K),
  • Diameter (D),
  • Apotema  dan,
  • Juring (J).

Elemen-elemen dalam lingkaran tersebut tentunya saling berhubungan satu sama lain. lebih jauh lagi, dari hubungan tersebut bisa dilahirkan sebuah rumus lingkaran yang bisa digunakan untuk mengetahui luas dan keliling lingkaran melalui sebuah rumus lingkaran.

Lingkaran
Lingkaran

Rumus Lingkaran

Berdasarkan gambar diatas, rumus Lingkaran baik itu untuk menghitung luas maupun keliling tidak bisa dipisahkan dari diameter dan jari-jari. Oleh karena itu, sebelum kamu masuk ke permasalahan mengenai lingkaran baik di tingkat SMP maupun SMA kamu harus terlebih dahulu mampu membaca jari-jari, diameter dan titik pusat lingkaran. hal tersebut mutlak dibutuhkan agar kamu bisa menjawab segala persoalan dengan mudah.

Rumus Luas Lingkaran

Luas lingkaran adalah sesuatu yang menjadi ukuran permukaan bangun datar Lingkaran. Untuk menghitung luas suatu lingkaran, kamu bisa menggunakan rumus L = π.r.r . Perhatikan gambar di bawah ini agar kamu bisa lebih mudah memahaminya.

Rumus Luas Lingkaran
Rumus Luas Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran
Rumus Keliling Lingkaran

Sementara itu, untuk menghitung suatu keliling lingkaran, rumus yang digunakan hampir sama dengan rumus luas. Satu hal yang membedakan adalah jumlah r nya. Perhatikan gambar dibawah ini agar kamu bisa memahaminya dengan lebih mudah.

Rumus Diameter Lingkaran

Rumus Diameter Lingkaran
Rumus Diameter Lingkaran

Mencari diameter lingkaran tentunya sangat berbeda dengan mencari luas maupun keliling lingkaran. diameter merupakan sebuah garis yang ditarik dari titik tertentu pada tepi lingkaran melewati titik tengah dan sampai ke titik tepi yang ada di depannya. Untuk memudahkan kamu, perhatikan gambar berikut.

Contoh Soal Matematika Lingkaran

Nah, bagaimana? Kamu sudah pahamkan bagaimana cara menghitung luas lingkaran, keliling lingkaran dan juga diameter lingkaran. untuk melatih kemahiranmu kamu dapat melatih kemampuanmu dengan mengerjakan soal-soal mengenai lingkaran. berikut ini salah satu contoh soalnya.

1. Ada sebuah roda dengan jari-jari 20 cm. Silahkan anda hitung luas dan keliling lingkaran roda tersebut!

Jawaban Mencari Luas Lingkaran

Luas = π.r.r

Luas = 3,14 x 20 x 20

Jawaban Mencari Keliling Lingkaran

Keliling = 2.π.r

K = 2. 22/7.20

K = 40 x 22/7

K= 880 / 7 = 125,7 cm

*****

Nah mudah kan? Selamat mencoba dirumah dan semoga kamu bisa cepat mahir dalam bab rumus lingkaran ini. Selamat belajar. Artikel terkait: Rumus Luas Persegi & Contoh Soal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *