Rumus Luas Persegi & Contoh Soal

Rumus Luas Persegi – Bagi anda yang senang dengan mata pelajaran matematika mungkin sudah tidak asing lagi dengan persegi. Dalam matematika mungkin ada sebagian orang yang sering sulit membedakan antara persegi dan persegi panjang. Padahal kedua bangun ini memang berbeda dari segi ukuran sisinya maupun bentuknya.

Namun perlu anda ketahui bahwa persegi memiliki sisi-sisi dengan ukuran sama panjang. Untuk menghitung luas persegi maka anda bisa menggunakan rumus luas persegi yang mudah dan bisa anda terapkan untuk menyelesaikan soal-soal matematika.

Rumus Luas Persegi

Untuk menghitung sebuah persegi yang terdiri dari kotak-kotak maka yang bisa anda lakukan adalah menghitung jumlah seluruh kotak di dalam persegi tersebut. Namun cara ini dianggap cukup lama dan membutuhkan kecermatan.

rumus luas persegi
Ilustrasi: Persegi

Tak perlu khawatir sebab untuk memudahkan anda menghitung luas persegi maka bisa dilakukan dengan mengalikan panjang sisi dengan sisi lainnya. Misalnya saja persegi tersebut memiliki panjang sisi sebanyak 6 kotak maka silakan kalikan dengan sisi lainnya yang panjangnya juga 6 kotak.

Dengan demikian luas persegi tersebut adalah 6 x 6 = 36. Maka untuk menghitung luas persegi anda bisa menggunakan rumus luas persegi yaitu :

Rumus Luas Persegi = s x s atau L = s²

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi

1. Jika sebuah poster mempunyai bentuk persegi dengan panjang sisinya 20 meter maka hitunglah luas poster tersebut !

Jawab : s = 20 meter

L = sisi x sisi

L = 20 x 20 = 400 meter2

2. Sebuah jendela berbentuk persegi memiliki panjang sisi 12 cm. Maka hitunglah luas dari jendela tersebut !

Jawab : s = 13 cm

L = sisi x sisi

L = 13 x 13 = 139 cm2

****

Tambahan Soal Matematika

Untuk mencari luas persegi maka anda bisa menggunakan rumus luas persegi jika sudah diketahui panjang sisinya. Namun jika panjang sisi persegi tersebut belum diketahui melainkan yang diketahui adalah luasnya dan kelilingnya maka anda bisa mencari sisi persegi terlebih dahulu.

Supaya anda lebih mudah dalam menghitung luas persegi maka berikut akan diberikan contoh cara lain menghitung sisi persegi dan luas persegi dengan penjelasan sebagai berikut.

Luas Persegi Jika Diketahui Luasnya

Ketika anda dihadapkan pada soal luas persegi namun yang diketahui adalah luas persegi tersebut maka anda harus mencari panjang sisinya. Untuk menemukan panjang sisi persegi maka silakan mengakarkan luas persegi yang sudah diketahui dengan rumus sebagai berikut : s =

Contoh soal :

Bila diketahui luas sebuah persegi adalah 49 cm2 maka hitunglah panjang sisi dari persegi tersebut.

Jawab : L = 49 cm2

                s =  =

= 7cm .

Luas Persegi Jika Kelilingnya Diketahui

Untuk menghitung luas persegi maka anda bisa menggunakan rumus luas persegi jika sisinya suda diketahui. Namun jika yang diketahui adalah keliling persegi maka silakan cari terlebih dahulu panjang sisi persegi tersebut dengan cara berikut ini:

Keliling = 4 x sisi sehingga sisi persegi = Keliling : 4

Contoh soal :

Jika sebuah lapangan berbentuk persegi memiliki keliling 40 meter maka tentukan luas dari lapangan tersebut !

Jawab : K = 40 meter

s  = K : 4

s = 40 : 4

s = 10 meter

L persegi = sisi x sisi

= 10 x 10

= 100 m2

Jadi luas persegi tersebut adalah 100 m2.

****

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas persegi dan cara mengerjakan soal-soal yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang masih belum paham atau mungkin ingin mengulas kembali cara menghitung luas persegi maka silakan pahami penjelasan di atas. Dengan demikian menghitung luas persegi akan semakin mudah meskipun dihadapkan pada berbagai tipe soal.

Artikel terkait: Rumus Luas Persegi Panjang dan Contoh Soal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *