Rumus Luas Persegi Panjang dan Contoh Soal

Rumus Luas Persegi Panjang – Matematika memang tak bisa lepas dari berbagai jenis bangun termasuk salah satunya adalah persegi panjang. Seperti yang telah diketahui bahwa persegi panjang adalah sebuah segi empat yang memiliki sisi yang berhadapan sejajar serta sama panjang.

Selain itu juga memiliki empat sudut siku-siku yang saling berhadapan. Untuk menghitung luas persegi panjang maka anda bisa menggunakan rumus luas persegi panjang yang sangat mudah diterapkan.

Sebab rumus tersebut sangat sederhana serta mudah dipahami. Tentunya bangun datar persegi panjang memang sudah tidak asing namun jangan sampai anda lupa rumus dalam bangun persegi panjang supaya anda bisa menyelesaikan soal-soal secara muda.

Rumus Luas Persegi Panjang

Jika sebuah bangun persegi panjang memiliki panjang sisi 10 cm serta lebarnya 7 cm maka anda bisa menghitung luas persegi panjang tersebut dengan mengalikan panjang dan lebar persegi panjang tersebut.

Namun jika ternyata persegi panjang tersebut memiliki kotak-kotak maka luas persegi panjang tersebut adalah total dari seluruh kotak-kotak dalam persegi panjang tersebut.

Meskipun cara ini dianggap rumit namun anda bisa menghitung luas persegi panjang yang terdiri dari kotak-kotak tersebut dengan mengalikan kotak pada sisi panjang dengan kotak di sisi lebar.

Rumus Luas Persegi Panjang via Webpintar

Berdasarkan penjelasan tersebut maka bisa disimpulkan bahwa rumus luas persegi panjang adalah panjang x lebar yang dinyatakan dalam rumus :

L = panjang x lebar = p x l

Keterangan :

L = luas persegi panjang

p = panjang persegi

l  = lebar persegi.

Contoh Soal :

1.] Bila sebuah bangun datar berbentuk persegi panjang memiliki panjang sisi 7 cm dan lebarnya 6 cm maka tentunya luas persegi panjang tersebut !

Jawab : p = 7 cm

l  = 6 cm

L = p x l

L = 7 x 6

L = 42 cm2

Artikel terkait: Rumus Volume Balok & Contoh Soal

Cara Menghitung Luas Persegi Panjang

Menghitung luas persegi panjang memang akan sangat mudah dengan menggunakan rumus luas persegi panjang jika sudah diketahui panjang dan lebarnya.

Namun bila panjang atau lebar persegi panjang tersebut belum diketahui melainkan kelilingnya yang diketahui maka tugas anda adalah mencari panjang sisi yang masih belum diketahui tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara menghitung luas persegi panjang yang perlu anda ketaui.

Menghitung Lebar Persegi Panjang Jika Luas dan Panjangnya Diketahui

Jika sebuah bangun datar persegi panjang luas dan lebarnya diketahui namun panjang sisinya belum maka silakan gunakan rumus luas persegi panjang dengan cara sebagai berikut:

L = p x l

l  = L : p

Menghitung Panjang Persegi Panjang jika Luas dan Lebarnya Diketahui

Jika sebuah bangun persegi panjang luas dan lebarnya diketahui maka anda bisa menghitung panjang sisi persegi panjang tersebut dengan rumus sebagai berikut.

L = p x l

p  = L : l

Menghitung Luas Persegi Panjang Jika Keliling dan Lebarnya Diketahui

Bila sebuah persegi panjang sudah diketahui keliling dan lebarnya maka untuk menghitung rumus luas persegi panjang yang harus anda lakukan adalah mencari panjang sisi persegi panjang tersebut.

K = 2 x (p + l )

K/2 = p + l

K/2 – l = p

p = K/2 – l

Kemudian silakan gunakan rumus luas persegi panjang untuk menghitung luas persegi panjang tersebut karena panjang dan lebar persegi panjang kini sudah diketahui.

*****

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas persegi panjang dan beberapa cara menyelesaikan soal yang bisa menambah wawasan anda.

Bagi anda yang sampai saat ini masih belum memahami soal-soal luas persegi panjang maka silakan pahami penjelasan di atas lalu terapkan untuk mengerjakan soal-soal matematika yang berkaitan dengan luas persegi panjang.

Artikel terkait: Cara Menghitung Luas dan Keliling Persegi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *