Rumus Massa Jenis & Contoh Soal Plus Jawaban

Rumus Massa Jenis – Dalam belajar ilmu Fisika tentu anda sudah tidak asing dengan massa jenis atau densitas. Dimana massa jenis merupakan sebuah besaran kerapatan massa benda yang dinyatakan dalam berat benda persatun volume dari benda tersebut.

Untuk besaran massa jenis bisa membantu anda dalam menjelaskan mengapa benda yang berukuran sama bisa mempunyai berat yang berbeda. Benda yang ukurannya lebih besar belum tentu akan mempunyai berat yang lebih besar dibandingkan dengan benda yang lebih kecil.

Misalnya saja sebutir kelereng lebih berat bila dibandingkan dengan sebuah spons untuk mencuci piring. Untuk menghitung massa jenis sebuah benda maka anda bisa menggunakan rumus massa jenis.

Rumus Massa Jenis

Berdasarkan penjelasan mengenai massa jenis seperti yang sudah disampaikan di atas bisa diketahui bahwa massa jenis adalah berat benda persatuan volume benda. Dengan demikian bila dituliskan menjadi rumus maka rumus massa jenis benda yaitu :

Massa jenis = massa / volume

Dalam fisika, rumus untuk menghitung massa jenis sering ditulis sebagai berikut :

Rumus massa jenis

Keterangan :

ρ  = massa jenis

m = massa

v = volume

Satuan Massa Jenis

Berdasarkan rumus massa jenis yang sudah dijelaskan di atas diketahui bahwa massa jenis diperoleh dari massa dibagi volume benda. Maka untuk satuan massa jenis tersebut adalah satuan massa / volume.

Bila menggunakan sistem Satuan Internasional atau SI maka satuan massa jenis adalah kg/m3 atau dibaca kilogram permeter kubik. Selain itu terdapat beberapa satuan massa jenis lainnya yang bisa digunakan dalam ilmu fisika antara lain :

  1. Gram per centimeter kubik (g/cm3)
  2. Metric ton per meter kubik (t/(g/m3)
  3. Miligram perdeciliter (mg/dL)
  4. Gram per militer (g/mL)
  5. Kilogram per liter (kg/L)
  6. Kilogram per meter kubik (kg/m3)

Artikel terkait: Rumus Energi Kinetik Plus Contoh Soalnya!

Contoh Soal Cara Menghitung Massa Jenis

Agar lebih memahami materi tentang massa jenis, berikut ini beberapa contoh soal yang bisa anda kerjakan:

1. Sebuah kayu memiliki massa 1.400 kg dengan volume 2 meter kubik. Berapakah massa jenis kayu tersebut ?

Jawab :

m  = 1400kg

v   = 2 m3

            ρ  = m/v

            ρ  = 1400 kg/ 2 m3

            ρ  = 700 kg/m3

         Jadi massa jenis kayu tersebut adalah 700 kg/m3

2. Diketahui 1 tong berisi 5 liter lumpur dengan massa total 6 kilogram. Hitunglah massa jenis lumpur di dalam tong tersebut dalam satuan kilogram/ liter !

Jawab :

m  = 6kg

v  = 5 liter

            ρ  =6kg/5 L

            ρ  =  = 1,2 kg/L

       Jadi massa jenis lumpur tersebut adalah 1,2 kg/L

3. Diketahui sebuah benda berbentuk kubus dibuat dari bahan sintetik. Kubus tersebut mempunyai panjang rusuk 10cm dan beratnya setengah kilogram. Berapakah massa jenis kubus tersebut dalam satuan kg/m3 ?

Jawab :

m = 0,5 kg

s   = 10 cm

volume kubus = s x s x s

Volume kubus = 10 x 10 x 10 = 1000 cm3 = 0,001 m3

            ρ  = m/v

ρ  =  = 500kg/ m3

Jadi masaa jenis kubus tersebut adalah 500kg/ m3.

***

Demikianlah penjelasan mengenai belajar mengenai rumus massa jenis yang bisa menambah pemahaman adik-adik. Melalui penjelasan di atas kini kamu bisa memahami bahwa benda yang memiliki ukuran lebih besar belum tentu akan memiliki berat yang lebih besar juga.

Hal ini disebabkan karena adanya massa jenis yang berbeda-beda pada setiap benda. Untuk itulah anda sebaiknya perlu menghitung massa jenis benda tersebut bila sudah diketahui massa dan volumenya lalu masukkan ke dalam rumus menghitung massa jenis seperti penjelasan di atas.

Artikel terkait: Jenis-jenis Gaya dan Rumus Gaya Plus Contoh Soal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *