Rumus Volume Balok & Contoh Soal

Rumus Volume Balok – Dalam kehidupan sehari-hari mungkin anda sudah sering menemukan benda-benda yang berbentuk menyerupai balok seperti lemari, meja, akuarium, benton dan lain-lain. Seperti yang telah diketahui bahwa balok merupakan bangun tiga dimenasi yang mempunyai 12 rusuk serta 6 bidang permukaan yang masing-masing bidang tersebut bentuknya berupa bujur sangkar atau persegi panjang.

Pada sebuah balok terdapat rusuk panjang, rusuk lebar serta rusuk tinggi. Dalam rusuk tersebut terdapat 4 rusuk yang panjangnya sama atau disebut dengan rusuk tinggi. Balok merupakan jenis bangun ruang sehingga memiliki isi yang bisa dihitung dengan menggunakan rumus volume balok.

Artikel terkait: Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat

Rumus Volume Balok

Bagi anda yang ingin menghitung isi atau volume balok maka anda terlebih dahulu harus mengetahui dimensi panjang, lebar serta tinggi balok tersebut. Selanjutnya untuk menghitung volume balok tersebut anda bisa menggunakan rumus volume balok sebagai berikut ini:

Volume = panjang x lebar x tinggi atau V = p x l x t

Karena p x l merupakan rumus luas bangun datar persegi panjang maka jika diketahui luas alasnya yang berbentuk persegi, rumus volume balok juga bisa dinyatakan dengan :

V = luas alas x tinggi

Rumus volume balok
Rumus volume balok

Perlu anda ketahui bahwa dalam menghitung volume balok menggunakan rumus tersebut maka upayakan baik panjang, lebar maupun tinggi balok memiliki satuan yang sama. Sedangkan untuk satuan volume biasanya dinyatakan dalam satuan panjang kubik misalnya meter kubuk (m3), centimeter kubik (cm3) dan lain-lain.

Tentunya selama panjang, lebar dan tinggi balok tersebut diketahui maka anda hanya tinggal mengalikan masing-masing panjang rusuk tersebut sehingga akan diketahui volume balok secara lebih mudah.

Baca juga yuk: Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Contoh Soal Menghitung Rumus Volume Balok

1.] Sebuah balok memiliki ukuran panjang, lebar serta tinggi masinh-masing yaitu 10cm, 9cm dan 11cm. Berapakah volume balok tersebut ?

Jawab :

p = 10cm

l = 9cm

t = 11cm

V = p x l x t

= 10 x 9 x 11

= 990 cm3

Jadi volume balok tersebut adalah 990 cm3.

2.] Sebuah papan mempunyai ukuran 4 meter, lebar 40cm serta tinggi 3cm. Tentuka voluem balok tersebut !

Jawab :

p = 4 meter = 400 cm

l  = 40 cm

t  = 3 cm

V = p x l x t

= 400 x 40x 3

= 48.000 cm3

3.] Sebuah balok diketahui volumenya yaitu 240cm3, lebar balok 8 cm dan tingginya 5cm. Maka tentukanlah panjang balok tersebut!

Jawab :

V = 240cm3

l  = 8cm

t  = 5cm

V = p x l xt

240 = p x 8 x 5

240 = p x 40

p  = 240 / 40

p  = 6cm

Jadi panjang balok tersebut adalah 6cm.

4.] Sebuah balok mempunyai luas alas KLMN sebesar 45cm2 dan tinggi balok 4cm. Hitunglah volume balok tersebut!

Jawab :

L = 45cm2

t   = 4cm

V = luas x tinggi

V = 45 x 4

V = 180cm3

Jadi volume balok tersebut adalah 180cm3

****

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai rumus volume balok dan contoh soal-soalnya yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang mungkin selama ini masih kesulitan dalam mengerjakan soal-soal bangun ruang balok maka silakan pahami rumus serta contoh-contoh soal di atas.

Dengan demikian kini anda tak perlu khawatir lagi jika harus menyelesaikan soal-soal volume balok selama anda paham dan hafal rumus volume balok tersebut.

Simak juga yuk: Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *