Rumus Volume Kubus, Contoh Soal Plus Jawabannya!

Rumus Volume Kubus – Bagi pelajar Sekolah Dasar hingga Sekolah Menegah Atas mungkin sudah tidak asing lagi dengan kubus. Dimana kubus merupakan jenis bangun ruang yang mempunyai bentuk tiga dimensi dan dibatasi oleh enam bidang sisi-sisinya.

Bangun kubus juga memiliki bentuk yang kongruen atau berbentuk bujur sangkar untuk setiap sisi-sisinya. Dalam sebuah kubus terdapat 12 rusuk yang sama panjang serta 6 buah bidang sisi yang bentuknya bujur sangkar.

Untuk itulah dalam sebuah kubus biasanya terdapat beberapa bagian yaitu rusuk, bidang sisi, titik sudut, bidang diagonal, diagonal ruang serta diagonal bidang atau sisi. Sebuah kubus memiliki beberapa jenis rumus termasuk salah satunya rumus volume kubus.

Rumus Volume Kubus
Rumus Volume Kubus via Rumusdansatuan

Artikel terkait: Rumus Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soalnya

Rumus Volume Kubus

Tujuan menghitung volume kubus adalah untuk mengetahui isi dari kubus tersebut. Biasanya cara menghitung volume kubus sering muncul pada soal-soal matematika baik tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Sebetulnya rumus kubus terdapat beberapa jenis termasuk salah satunya adalah rumus menghitung volume kubus. Besarnya volume kubus adalah perpaduan antara perkalian dari sisi panjang, lebar serta tinggi.

Sedangkan ukuran rusuk dari sebuah kubus semuanya sama yaitu dilambangkan dengan huruf “s”. Dengan demikian rumus menghitung volume kubus bisa dinyatakan sebagai berikut ini:

Volume = s x s x s atau Volume = s3

Contoh soal

1.] Sebuah kubus memiliki panjang sisi sebesar 30 cm, maka hitunglah volume kubus tersebut.

Jawab :

Volume kubus = s x s x s
= 30 x 30 x30
= 27.000 cm 3.

Jadi volume kubus tersebut adalah 27.000 cm3

2.] Pak Danu membuat sebuah bak mandi yang berbentuk kubus dengan panjang sisinya 100cm. Pak Danu ingin mengisi bak mandi tersebut menggunakan air hingga penuh. Maka tentukan berapa literkah air yang dibutuhkan oleh Pak Danu untuk mengisi bak mandi tersebut sampai penuh?

Jawab :

Volume kubus = s x s x s
= 100 x 100 x100
=  1.000.000 cm3 = 1.000 dm3 = 1.000 liter

Jadi untuk memenuhi bak mandi tersebut maka Pak Danu harus menyiapkan air sebanyak 1000 liter.

3.] Sebuah kubus memiliki volume sebesar 125 cm3. Hitunglah berapa panang rusuk dari kubus tersebut !
Jawab :
Volume = 125 cm3
125 = s3
s3 = 125
s = = 5 cm

Untuk menghitung volume kubus selain menggunakan rumus volume kubus di atas maka anda masih bisa menggunakan rumus lainnya jika yang diketahui adalah luas persegi.

Bila yang diketahui adalah luas perseginya maka anda harus mengitung terlebih dahulu panjang sisi kubus tersebut. Diketahui rumus dari luas persegi adalah sisi x sisi sehingga untuk mencari panjang sisinya anda bisa dengan menghitung akar pangkar dua dari luas persegi tersebut.

Sesudah anda memperoleh panjang sisi maka selanjutnya silakan masukkan pada rumus volume seperti yang sudah disampaikan di atas.

Baca juga: Rumus Volume Tabung, Contoh Soal dan Jawabannya!

Tips Menerapkan Rumus Volume Kubus

  1. Terdapat beberapa nilai pangkat tiga yang harus anda ketahui dan hafal sehingga memudahkan anda menyelesaikan soal volume kubus.
  2. Perhatikanlah satuan volume tersebut yaitu pangkat tiga dari satuan panjang rusuknya. Untuk satuan panjang milimeter (mm) maka satuan volumenya yaitu mm3. Untuk satuan panjang rusuk centimeter (cm) maka satuan volmenya yaitu cm3 dan seterusnya.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus volume kubus dan contoh soal yang bisa kami bagikan untuk adik-adik, semoga bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin belajar menghitung volume kubus maka silakan perhatikan rumus di atas yang pastinya sangat mudah dipraktikkan jika anda benar-benar memahami materi tersebut. Artikel terkait: Rumus Bangun Ruang: Kubus, Balok, Tabung, Bola dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *