Mengenali Energi dalam Fisika

rumus energi

Kata “energi” tentu saja seringkali kamu dengar donk, Squad? Saat bermain bola, menyaksikan buah durian jatuh dari pohon, atau bahkan juga menghidupkan kompor saat mengolah, kamu akan mendapati energi. Lho, energi bukanlah yang kita perlukan jika ingin lari, ya? Nach, dibanding bingung-bingung, lebih bagus kamu baca artikel ini sampai habis agar lebih mengenali energi dalam fisika. Yok!

Dalam fisika, energi ialah kekuatan untuk lakukan usaha (kerja) atau lakukan satu pengubahan. Ada beberapa macam energi yang biasa kamu dapatkan dalam kehidupan setiap hari, yakni:

Energi Kinetik

Rumus energi kinetik

Energi kinetik ialah energi yang disebabkan karena gerak satu benda yang mempunyai massa/berat. Hingga, semua benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu mempunyai energi kinetik, sedang semua benda yang diam tidak mempunyai Energi kinetik.

Berdasar rumus itu, bisa kita kenali bila benda bergerak makin cepat, karena itu energi kinetik benda makin besar. Demikian pula bila massa benda makin besar, karena itu energi kinetik benda akan makin besar. Bermacam implementasi energi kinetik ini bisa kamu dapatkan saat sedang memakai sepeda motor dengan kelajuan stabil, bermain bola dan bolanya menggelinding di tanah, atau saat menolong ibu jaga adik di dorongan bayi.

Energi Potensial

rumus energi potensial

Energi potensial(Energi potensial gravitasi) ialah energi yang ada dalam benda karena posisi atau status benda pada titik referensinya (umumnya ketinggian benda diukur dari permukaan tanah). Dari pemahaman itu, kita dapat mengetahui jika benda yang diam tetapi ada pada ketinggian tertentu maka mempunyai energi potensial. Sedang, benda yang bergerak tetapi tidak mempunyai ketinggian jadi tidak mempunyai energi prospektif. Rumus energi potensial (Ep) sebagai berikut ini:

Dari rumusnya, kita dapat mengetahui bila status satu benda pada titik referensinya makin tinggi, karena itu energi prospektif gravitasinya makin besar. Implementasi Energi potensial ini dapat kamu saksikan saat menyaksikan buah yang bergantung pada pohon atau PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) mengganti energi prospektif jadi energi listrik.

Baca Juga  Mengenal Jenis-jenis Gaya dan Rumus Gaya Plus Contoh Soalnya

Energi Mekanik

rumus energi mekanik

Energi Mekanik ialah energi keseluruhan yang dipunyai oleh semua benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu sekalian ada pada posisi (status) tertentu pada titik referensinya. Energi mekanik ialah penjumlahan energi prospektif dan energi kinetik.

Dari rumus itu, dapat disaksikan bila energi potensial dan energi kinetik yang dipunyai satu benda berharga besar, karena itu energi mekaniknya makin besar.

Jika kamu lihat, banyak lho beberapa bentuk energi yang ada di kehidupan setiap hari. Contoh energi apalagi Squad yang dapat kamu sebut?

You May Also Like

About the Author: Juara #1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *