Pemahaman Paragraf Deskripsi dan Macamnya

Kalimat Deskripsi

JadiJuara – Kalimat deskripsi adalah paragraf yang dapat menjelaskan atau menerangkan satu object jadikan pembaca seakan-akan bisa menyaksikan atau rasakan object itu. Kalimat deskripsi terkait dengan panca indera dalam menggambarkan sebuah object. Lewat paragraf deskripsi, karakter sebuah object yang dilukiskan secara detil.

Hal tersebut maksudnya agar pembaca ketahui object yang dibahas secara jelas tanpa saksikan langsung. Pelukisan karakter ini sering berawal dari hasil pengamatan atau penilaian lebih dulu.

Pengamatan ini dikerjakan agar info yang dipastikan benar dan berdasarkan bukti. Paragraf ini menerangkan beberapa ciri fisik tempat, benda atau peristiwa tertentu seperti wujud, warna, ukuran atau personalitas objectnya sendiri. Paragraf deskripsi ini meliputi panca indera manusia seperti pandangan, pendengaran, penciuman, perabaan dan pengecapan.

Kalimat deskripsi

Tipe-Jenis Paragraf Deskripsi

Ada tiga tipe paragraf deskripsi yaitu paragraf deskripsi spasial, paragraf deskripsi subyektif dan paragraf netral.

Paragraf Deskripsi Spasial


Paragraf deskripsi spasial atau spasial adalah paragraf deskripsi yang menerangkan ruangan atau tempat. Object yang berbentuk ruangan atau tempat itu diterangkan sesuai ciri-ciri uniknya hingga pembaca dapat dengan gampang memikirkannya. Berikut ini ialah contoh paragraf deskripsi spasial.
Ruang memiliki ukuran 5m x 5m ini ini ibarat tidak pantas untuk dihuni. Tidak ada dindingnya. Cuman ada anyaman bambu untuk menepis angin yang menyerang ke tulang. Tidak ada sekatnya. Cuman ada sebuah kasur single di sudut depan. Ada kompor dan alat mengolah yang lain di sudut belakang, berdampingan dengan pintu yang ke arah kamar mandi.

Paragraf Deskripsi Subyektif


Kalimat Deskripsi Subyektif sebuah paragraf deskripsi yang dibuah menurut pemikiran atau hati penulis. Segalanya yang ditulis dalam paragraf ini ialah hasil opini individu penulis.

Baca Juga  41 Contoh Kalimat Homonim Beserta Penjelasannya

Meskipun hasil opini penulis, tapi paragraf ini masih diperlihatkan agar pembaca seakan-akan bisa menyaksikan atau rasakan apa yang dibahas oleh penulis. Berikut ini ialah contoh paragraf penjelasan subyektif.

Ibu Ani ialah guru paling tegas di sekolahku. Lebih dari itu, beliau adalah guru yang paling ditakutkan oleh sebagian besar siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Beliau memberi pelajaran matematika. Beliau memiliki tinggi kurang lebih 165 cm dengan berat tubuh seputar 60 kg.

Paragraf Deskripsi Netral


Paragraf deskripsi netral adalah paragraf deskripsi yang memperlihatkan keadaan satu object sesuai kondisi sesungguhnya tanpa dikuasai oleh opini penulis. Berikut ini ialah contoh paragraf deskripsi netral.

Pantai Parangtritis ialah pantai yang populer di propinsi Wilayah Spesial Yogyakarya. Dibandingkan dengan pantai lain di sejauh pantai selatan, pantai ini benar-benar dikenal wisatawan.

You May Also Like

About the Author: Juara #1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *