Referensi 10 Film Bertopik Pendidikan, Telah Menonton yang Mana?

nonton movie

Film yang baik, tidak cuma nonton movie yang diperankan oleh beberapa aktor/aktris dengan akting oke atau sinematografi yang memanjakan mata.

Film yang bagus memiliki arti plot narasi yang canggih dan pesan kepribadian yang tersampaikan secara baik. Diantaranya, yang membuat pemirsa berasa mendapatkan “suatu hal” yang lain.

Pendidikan adalah penyelip yang paling dapat dipasangkan dalam sebuah film untuk sampaikan pesan. Beberapa film yang memberi pesan masalah pendidikan, jadi beberapa film kekal yang akan diingat karena pengutaraan pesan pengajarannya yang bagus sekali.

Berikut 10 film bertopik pendidikan yang nancep di hati, kalian telah melihatnya belum? Harus dilihat lho.

3 Idiots (2009) – 8.4

3 idiots

Salah satu film produksi Bollywood dalam perincian ini film fantastis. Melihat film ini, kita akan sadar jika sekolah sejauh ini banyak memperbudak pemikiran beberapa siswanya, daripada membuat cerah. Ke-3 “idiot” yang dikisahkan di sini bisa banyak menceritakan berkenaan mekanisme pendidikan di India yang kurang lebih serupa dengan Indonesia.

Good Will Hunting (1997) – 8.3

good will hunting

Ben Affleck dan Matt Damon tuliskan cerita mengenai Will Hunting, seorang anak muda genius yang bekerja sebagai janitor (petugas kebersihan) di MIT, salah satunya institute terpenting di Amerika. Talenta Will selanjutnya diketemukan oleh salah seorang Profesor yang mengajarkan di situ dan dia ditujukan untuk mendapati arah hidupnya ditolong dengan seorang psikiater. Cerita sinetron yang memilukan ini membuat Ben Affleck dan Matt Damon memenangkan penghargaan Oscar untuk kelompok scenario terbaik di tahun itu.

Front of The Class (2008) – 8.2

front of the class

Tahukah kamu, apakah yang dimaksud dengan Tourette Syndrome? Ini ialah semacam penyakit syaraf yang mengakibatkan penderinya keluarkan berbagai bunyi dari mulutnya atau menggerakkan anggota tubuhnya secara tidak sadar. Apa yang terjadi bila seorang pasien Tourette selanjutnya jadi guru sekolah? Apa siswa-muridnya dapat terima? Bagaimana dengan beberapa orang-tua dan sekolahnya? Cerita riil Brad Cohen, seorang guru SD yang menanggung derita Tourette dikatakan dengan cantiknya di sini.

Baca Juga  Pengertian Analisis, Tujuan, Fungsi dan Contoh

Dead Poets Society (1989) – 8.1

Dead poet society

Untuk beberapa movie mania, film ini ialah sebuah tontonan penting. Robin Williams berperanan sebagai seorang guru sastra yang mengajari kebebasan berpikiran ke siswa-muridnya. Perjuangannya untuk bikin siswa melawan kungkungan sekolah yang terlampau kaku membuat selanjutnya hadapi banyak kesusahan. Film ini adalah film yang terbanyak diambil ucapannya di kehidupan sehari-harinya. “Carpe diem”, ialah diantaranya. Ini berarti “Seize The Day”.

The Blind Slide (2009) – 7.7

the blind side

Ini ialah cerita riil Michael Oher, seorang pemuda yang alami kesusahan belajar tetapi jago bermain American Football. Lahir dari ibu pencandu dan lingkungan yang tidak sehat, Michael berjumpa dengan keluarga Tuohy, yang selanjutnya memungutnya jadi salah satunya anak mereka. Sandra Bullock, artis yang memainkan Mrs. Tuohy, Ibu angkat Michael di sini, diganjar penghargaan Oscar untuk aktingnya yang memikat.

Freedom Writers (2007) – 7.5

freedom writers

Erin Gruwell (dimainkan oleh Hillary Swank) merasakan dirinya terjerat dalam ruang kelas yang berisi siswa-murid SMA yang sangat rasis. Sebagai guru sastra, dia selanjutnya lakukan pendekatan lewat buku-buku bacaan, untuk mengajarkan beberapa siswanya, jika tidak ada kelirunya terima ketidaksamaan. Sebagai seorang guru, Erin betul-betul membaktikan semua waktu dan tenaganya untuk mencerdaskan beberapa siswa.

Akeelah and The Bee (2006) – 7.4

akeelah and the bee

Akeelah Anderson ialah seorang anak wanita yang pandai. Sayang, tidak ada satu juga orang di keluarganya yang memberi motivasi saat dia disuruh gurunya untuk mengikut persaingan “spelling bee” atau mengeja. Ibunya seorang singgel parent yang repot bekerja untuk menjaga anak-anaknya sesudah Ayah Akeelah wafat.

Akeelah selanjutnya disandingkan dengan seorang Profesor, pelatih bahasa. Bisakah Akeelah capai kemauannya menjadi juara Spelling Bee Internasional? Saksikan saja, agar kamu tidak ingin tahu.

Baca Juga  Pengertian Analisis, Tujuan, Fungsi dan Contoh

Finding Forester (2000) – 7.3

Finding Forrester

Forester ialah seorang penulis populer yang pilih hidup sendiri jauh dari keramaian. Satu hari dia bertemu dengan seorang anak muda kulit hitam yang selanjutnya dia ajari untuk menulis. Jalinan di antara Forester dan sang anak muda inilah sebagai kemampuan film ini, yang bakal menunjukkanmu, jika saat belajar, kamu perlu ketegasan tidak untuk cepat berserah.

Monalisa Smile (2003) – 6.5

monalisa smile

Di jaman saat ini, seorang wanita bisa mempunyai sudut pandang yang bebas dan pilih tidak untuk menikah karena memprioritaskan karier. Pada tahun 1950-an, ini ialah suatu hal yang aneh dan mengerikan. Julia Roberts, berperanan sebagai dosen Seni yang coba buka wacana beberapa mahasiswi dalam suatu sekolah elit di Amerika di tahun 1950-an.

Beberapa mahasiswi yang awalannya memusuhi dosen ‘aneh’ itu pada akhirnya bisa mulai pahaminya. Sebuah film yang penuh pesan, apa lagi buat kamu, yang ingin berikan motivasi wanita untuk semakin maju.

Dangerous Minds (1995) – 6.4

Dangerous Minds

Seorang bekas Marinir namanya Louanne Johnson (Michelle Pfeiffer), berpindah karier jadi seorang guru SMA. Dia harus mengajarkan sebuah sekolah yang berada di wilayah Bronx yang cukup melawan, karena rerata siswanya tinggal di daerah tempat peredaran narkoba.

Sepak-terjang seorang Louanne untuk mengajarkan siswa-muridnya pahami mata pelajaran Bahasa Inggris jadikan film ini bagus sekali dengan scoring music yang elok. Walau digeber di tahun 1995, film ini tak pernah berasa kuno, karena topik yang dihantarkannya pas untuk dicermati pada jaman apa saja. Ngomong-ngomong, film ini diambil dari buku kreasi Louanne Johnson sendiri lho, jadi ini ialah cerita asli yang dia alami.

Begitu Ke-10 film bertopik pendidikan yang bakal membuat kamu berasa tercerahkan sesudah melihatnya. Ingat, film yang bagus ialah yang penuh dengan pesan kepribadian.

Baca Juga  Pengertian Analisis, Tujuan, Fungsi dan Contoh

Selamat Menonton!

You May Also Like

About the Author: Juara #1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *